Simpel Banget! 10 Tips Menjaga Kebersihan Dapur

| |

Setiap orang ingin hidup pada lingkungan yang bersih. Rumah bersih, halaman bersih, hati pun ikut bersih. Namun, apa jadinya jika dapurmu kotor ? Rasanya kesal sekali, memang dapur adalah bagian yang sering kotor. Berikut akan dibahas tips menjaga kebersihan dapur.

Ada pepatah mengatakan bahwa dapur adalah jantung rumah. Tempat makanan disiapkan, tempat keluarga berkumpul untuk makan bersama, bahkan bercanda ria bersama. Dapur bertransformasi menjadi tempat penuh kasih, makanan disajikan penuh cinta.Bak resep pada krebby patty yang dibuat oleh Spongebob Squarepants, makanan disajikan dengan cinta. Itulah kenapa rasanya lezat dan dicintai banyak orang.

Makanan di dapur yang disajikan oleh ibu juga penuh cinta. Tidak hanya ibu, siapapun yang memasak dengan tujuan membahagiakan orang lain maka makanan akan disulap dengan enak.

Ketika setiap habis memasak dapurmu kotor, tips menjaga kebersihan dapur bisa kamu coba.

5 Tips Menjaga Kebersihan Dapur

tips menjaga kebersihan dapur
10 Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mencuci Tangan Sebelum Beraktivitas

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memulai aktivitas, entah itu makan ataupun memasak. Terapkan juga hal ini kepada anak Anda agar ia disiplin dan menjunjung tinggi kebersihan. Apalagi anak habis main di luar, suruhlah ia segera mencuci tangan.

WHO juga menganjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin agar dapat meminimalisir penyebaran virus corona. Kita berusaha antisipasi dengan mencuci tangan sebelum memulai aktivitas di dapur. Ingat, selalu cuci tangan sebelum masak, makan atau memegang peralatan di dapur.

Dapur bersih tentu dambaan bagi kita semua, kan? Oleh karena itu pastikan tangan kita tidak mentransfer virus. Segera usir dengan mencuci tangan.

2. Segera Cuci Semua Peralatan Masak Ketika Selesai Digunakan

Bagi yang menyukai aktivitas memasak, terkadang suka terlena di dapur hingga lupa untuk segera membersihkan peralatan memasak. Apalagi ketika sudah dibura rasa lapar, masak dan langsung masak. Sedangkan, peralatan memasak ditinggal kotor begitu saja.

Tidak hanya itu, kita juga terkadang suka menumpuk peralatan di dapur entah sehabis makan ataupun memasak. Nah, tips menjaga kebersihan dapur yang kedua ini mengharuskan kamu mengubah kebiasaan lama. Dari yang dulunya suka menumpuk peralatan dapur, sekarang harus segera move on dengan langsung mencucinya. Jangan ditumpuk lagi ya! Habis masak, segera cuci. Habis makan, juga segera cuci.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin bakteri jahat menumpuk pada peralatan yang kotor. Bisa-bisa peralatan kotor itu menjadi sumber penyakit lho.

3. Pastikan Area Masak Sudah Dibersihkan Setelah Digunakan

Ada beberapa area yang menjadi langganan tempat kotor yakni di bagian meja makan dan kompor. Nah, tips menjaga kebersihan dapur yang ketiga ini mengajak kamu untuk memastikan area masak sudah dibersihkan ketika selesai menggunakannya.

Kompor memang menjadi langganan tempat kotor. Sering kali noda menempel dengan sesuka hatinya, mulai dari percikan minyak goreng, air, tumpahan makanan dan lain-lain. Pastikan hal tersebut dibersihkan ya sobat.

4. Lap Meja Makan Setelah Digunakan

Selain kompor, ada area yang suka menjadi langganan kotor juga yakni meja makan. Ada banyak noda-noda yang mengotori meja makan. Meja makan sering kotor karena tumpahan nasi, sayur, sambal, dan sejenisnya. Pastikan sebelum dan sesudah makan, meja kamu selalu bersih.

Ketika sudah makan, kamu bisa menyimpan semuanya di lemari makan atau tetap di meja makan dalam keadaan tertutup. Awas dimakan kucing hehe.

5. Cuci Piring dan Teman-temannya Sehabis Makan

Ini hampir mirip dengan tips menjaga kebersihan dapur di nomor 2, bedanya yang nomor dua saya menyarankan kepada kamu untuk segera mencuci peralatan memasak. Nah, nomor 5 ini peralatan makan.

Sering kali kita menunda-nunda untuk mencuci piring, mangkok, sendok, dan lain-lain. Alasannya sederhana, nunggu banyak aja biar sekalian dicuci. Benar atau benar? Padahal itu tidak baik lho untuk kebersihan dapur. Dapur kamu akan terlihat kotor. Coba deh bandingkan dengan keadaan ketika piring-piring sudah dicuci, bakal lebih nyaman dilihat ya kan? Ya, jelas itu. Yuk mulai sekarang ketika habis makan, langsung cuci piring.

6. Pastikan Westafel Tempat Cuci Piringmu Tidak Tersumbat

tips menjaga kebersihan dapur
Westafel di Dapur

Kita lanjut tips keenam.

Ada beberapa dapur yang sudah dilengkapi dengan westafel tempat cuci piring. Area selanjutnya yang suka ikut menyumbang kotornya dapur adalah area westafel. Apalagi kalau westafel kamu tersumbet. Hal ini tak lain dan tak bukan bisa disebabkan karena penumpukan kotoran makanan yang tersumbat di lubang saluran westafel. Pastikan deh westafel tempat cuci piringmu tidak tersumbat agar dapur terlihat bersih.

Kecil sih, tapi ya itu kalau dibiarkan bisa-bisa bakteri akan beranak-pinak di westafelmu!

7. Bersihkan Peralatan Dapur secara Rutin dan Berkala

Ada beberapa peralatan memasak yang jarang digunakan. Terkadang peralatan tersebut hanya menggantung di dinding dapur, kemudian berdebu dan bersawang. Debu-debu kian hari kian menempel karena tidak digunakan kemudian tidak dicuci. Apalagi ketika kamu jarang membersihkan dapur, maka peralatan akan ikut bersawang karena sarang laba-laba.

Jangankan peralatan yang jarang digunakan, peralatan lainnya yang sering digunakan juga perlu dibersihkan. Tips menjaga kebersihan dapur nomor 7 ini menyarankan kepada kamu untuk membersihkan peralatan dapur secara rutin dan berkala. Coba deh perhatikan wajan dan panci yang sering kamu gunakan, bagian pantat/belakang wajan dan panci suka menjadi langganan noda hitam. Nah, itu perlu dicuci dengan ekstra dengan menyikatnya dengan sikat khusus. Begitu pula peralatan dapur lainnya.

Yuk, jadwalkan secara rutin dan berkala untuk membersihkan peralatan dapur.

8. Simpan Makanan dengan Benar

Bahan makanan tentu harus disimpan sesuai dengan komposisinya masing-masing. Jika tidak, kamu akan mendapati makanan tersebut menjadi cepat busuk.

Perhatikan pengaturan suhu ketika menyimpan makanan yang berbeda-beda; seperti daging yang harus disimpan di tempat terpisah dengan produk lain. Pastikan juga makanan mana saja yang harus disimpan di plastik kedap udara untuk menambah umur penggunaannya.

Oh iya, meskipun lagi #dirumahaja, kamu juga harus tetap jeli mengamati masa kedaluwarsa suatu produk, ya. Jangan sampai menyimpan produk terlalu lama, karena akan membuat bau tak sedap dan bahaya bagi tubuh.

9. Masaklah Makananmu hingga Matang

Buat kamu yang hobi makan daging, kamu harus lebih bersabar untuk membuatnya benar-benar matang. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan masakan yang akan masuk ke tubuh kita.

Jangan sampai makanan yang dikonsumsi justru menurunkan daya tahan tubuh karena dimasak setengah matang. Di sisi lain, kamu juga bisa mengurangi kemungkinan masalah kesehatan yang timbul dari makanan tadi.

10. Rajin Membuang sampah yang Ada di Dapur

Jangan biarkan dapur kamu kotor karena adanya tumpukan sampah. Jangan! Nanti bakteri berpesta pora. Siapkan tempat khusus untuk menaruh sampahmu, jauhkan dari peralatan dapur, makanan, lemari es dan barang penting lainnya. Taruh tempat sampah disudut ruangan atau kalau bisa taruh di luar saja.

Ketika kotak sampah sudah penuh, jangan biarkan untuk tambah penuh tapi segeralah dibuang. Sampah yang menumpuk bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengundang hewan-hewan lainnya yang mengganggu. Rutin membuang sampah bisa menbuat dapurmu lebih bersih dan sedap dipandang mata.

Baiklah sekian mengenai 10 Tips Menjaga Kebersihan Dapur yang bisa penulis sampaikan. Semoga dapurmu selalu bersih saya.

Salam cantik,

Portal Cantik

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

10 Kuliner Indonesia yang Mendunia

7 Kegunaan Baby Oil untuk Kecantikan

Berikut

Tinggalkan komentar