Kenali Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini, Yuk Bun!

| |

Anak usia dini memang butuh perhatian khusus saat merawat dan menjaganya. Saat melihat anak tumbuh dengan baik, ada rasa bahagia yang mengalir di hati bunda. Apakah bunda sudah mengenali kemampuan bahasa reseptif anak usia dini? Jika belum, Portal Cantik akan membahasnya untuk bunda.

Apa yang Dimaksud dengan Bahasa Reseptif?

Bahasa Reseptif adalah kemampuan berbahasa pada anak untuk mengenal dan memberikan reaksi terhadap seseorang atau lingkungan sekitarnya, mengerti maksud mimik dan nada suara serta akhirnya anak mengerti kata-kata.

Kenapa Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Begitu Penting?

Rentang usia dini merupakan saat yang paling tepat bagi orang tua dalam mengembangkan potensi dan kecerdasan anak. Pengembangan potensi yang tepat dan terarah pada usia dini akan memberikan dampak baik bagi pertumbuhannya di masa yang akan datang. Sebaliknya, ketika potensi anak tidak terarah maka berakibat pada potensi yang jauh dari harapan bunda dan ayah.

Salah satu potensi yang perlu bunda dan ayah kembangkan sejak dini adalah kemampuan bahasa khususnya kemampuan bahasa reseptif. Anak yang masih usia dini tentu saja perlu bantuan bunda untuk dapat mengerti maksud yang telah disampaikan.

Menurut Morrison, bahasa adalah keterampilan persiapan yang paling penting. Anak membutuhkan keterampilan bahasa untuk dapat berkembang dalam hidupnya, baik saat ia bersekolah, bekerja, bermasyarakat dan lainnya.

Kemampuan bahasa reseptif untuk anak usia dini begitu penting agar anak mengerti maksud mimik dan nada suara sehingga anak mengerti kata-kata dan memahami maknanya. Anak yang memahami dengan baik bahasa reseptif membuat anak mampu mengenali dan bereaksi terhadap seseorang sehingga anak bisa membangun hubungan komunikasi secara baik dengan lingkungan sekitar.

Apa Perbedaan Gangguan Bahasa Ekspresif dan Reseptif?

Akibat dari anak yang tidak bisa mengungkapkan perasaan secara verbal adalah seringkali ia mengalami tantrum parah dan mempengaruhi prestasi akademiknya. Berbeda dengan gangguan bahasa ekspresif, anak yang mengalami gangguan bahasa reseptif mengalami kesulitan untuk memahami hal yang diucapkan orang lain.

Kemampuan bahasa reseptif perlu dikembangkan sejak dini yaitu kemampuan menangkap, memahami, dan menyampaikan informasi yang didapatkan melalui bahasa lisan. Oleh karena itu, bunda perlu membimbing si kecil agar bisa memahami kata-kata dengan baik.

Macam-macam Kemampuan Bahasa Reseptif

Setelah mengetahui apa itu bahasa reseptif, Portal Cantik akan memberikan pengetahuan mengenai macam-macam kemampuan bahasa reseptif. Apa aja? Yuk, simak di bawah ini.

1. Kemampuan Reseptif Bahasa Non Verbal 

Kemampuan yang satu ini berkaitan dengan kemampuan secara non verbal yaitu kemampuan bahasa yang tidak diungkapkan dengan kata-kata tetapi melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan aba-aba tangan.

2. Kemampuan Reseptif Bahasa Verbal

Kemampuan yang kedua ini kebalikan dari yang pertama, kemampuan yang diungkapkan dengan kata-kata oleh orang lain kepada anak. Contohnya, orang tua memberikan perintah atau pertanyaan kepada anak. Nah, kemampuan untuk memahami kata-kata dari orang tersebutlah dikatakan sebagai kemampuan reseptif bahasa verbal.

3. Kemampuan Reseptif Gambar dan Tulisan

Ini merupakan kemampuan anak untuk memahami informasi secara visual baik gambar maupun tulisan.

Setelah bunda tau macam-macam dari kemampuan bahasa reseptif anak usia dini, nah bunda juga perlu pahami metode dalam mengembangkan kemampuannya.

Metode yang Bisa Mengembangkan Kemampuan Bahasa Reseptif

Kemampuan bahasa reseptif anak yang berkembang sesuai harapan terlihat pada saat si kecil mendengarkan cerita, anak akan fokus menyimak dan mendengarkan cerita, lalu menceritakan kembali cerita yang ia dengar secara lancar, serta mampu menjawab pertanyaan mengenai isi cerita dengan baik tanpa kesulitan.

Ngomong-ngomong soal perkembangan bicara dan bahasa pada anak, Bunda-Bunda nantinya akan melewati fase perkembangan bicara dan bahasa ekspresif juga reseptif. 

Saat anak berada pada fase ini, bunda perlu peka dengan si kecil. Apakah ia mengalami kesulitan dengan kemampuan bicara dan reseptifnya? Jika iya, bunda perlu waspada karena bisa jadi anak bunda sedang mengalami keterlambatan bicara atau speech delay.

Tenang bunda, kami punya rekomendasi suplemen untuk merangsang kemampuan bicara dan reseptif pada anak yaitu Generos. Generos adalah suplemen herbal alami yang dapat membantu mengatasi speech delay atau keterlambatan bicara, Anak Autis dan ADHD, meningkatkan kecerdasan otak, merangsang tumbuh kembang anak, serta menutrisi otak.

Diperkaya dengan 5 bahan alami seperti madu hutan, mengkudu, ikan sidat, pegagan, dan temulawak. Generos mampu memberikan rangsangan yang baik dalam membantu tumbuh kembangnya di masa belajar bicaranya bun.

Demikian artikel mengenai kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dari Portal Cantik. Semoga bisa membantu bunda dalam memahami si kecil ya.

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Apakah Generos Penipuan? Cek Keaslian Produk Dulu, Yuk!

6 Cara Membasmi Rayap di Rumah dengan Mudah

Berikut

Tinggalkan komentar