6 Cara Membasmi Rayap di Rumah dengan Mudah

| |

Apakah kamu sedang mencari cara membasmi rayap di rumah? Kami berikan solusinya, yuk baca hingga habis.

Rayap binatang kecil yang cukup membuat kita kesal, manakala rayap menggerogoti perabotan bahkan bangunan rumah. Rayap seakan menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Melihat rumah yang tua dimakan rayap, menyisakan rasa sedih yang mendalam. Betapa tidak, rumah yang penuh kenangan akan roboh pondasinya karena rayap.

Akankah kamu hanya diam menatap rayap berpesta pora memakan perabotan di rumah? Oh, tidak. Segera berantas rayap, sebelum ia menyerang habis seluruh perabotan.

Nah, bagi sobat yang ingin tau cara membasmi rayap di rumah, Portal Cantik akan membagikan bocorannya di artikel ini.

Cara Membasmi Rayap di Rumah

Rayap merupakan jenis serangga sosial kelompok infraordo yang dikenal sebagai hama. Rayap masih satu family dengan semut yang hidupnya berkoloni. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut dengan white ant atau semut putih.

Biasanya rayap ini menyukai tempat-tempat yang lembab dan suka menggerogoti kayu. Kamu bisa menjumpai rayap dengan mudah, jika di tempat tersebut terdapat kayu dan suhunya lembab. Bahkan kayu kering juga bisa menjadi tempat rayap bersarang. Hemm, sungguh menjengkelkan pokoknya.

Begini cara membasmi rayap di rumah dengan mudah untuk kamu lakukan gengs.

1. Buat Perangkap Rayap dari Kardus

Bikin perangkap rayap dari kardus, emang bisa? Bisa banget dong gengs. Kamu bisa membuat perangkap rayap dengan mudah menggunakan kardus. Pertama-tama, ambil selembar kardus. Lalu, berikan sedikit air di kardus agar lembab dan gulung seperti bentuk pipa.

Kardus yang lembab akan menimbulkan bau menyerupai kayu, sehingga rayap tertarik untuk mendekatinya. Setelah rayap berkumpul di dalam gulungan kardus, silahkan angkat kardus tersebut. Terakhir, kamu bisa membakar kardus yang berisi rayap untuk dibasmi.

2. Jemur Perabot yang Digerogoti Rayap di Bawah Matahari

cara membasmi rayap di rumah
cara membasmi rayap di rumah

Cara membasmi rayap di rumah yang kedua adalah dengan membawa perabotan di bawah matahari. Silakan angkat perabotan seperti meja atau kursi ke bawah sinar matahari yang sedang terik. Jemur perabotan tersebut hingga rayap pergi.

3. Gunakan Pendingin Udara untuk Membasmi Rayap

Tidak hanya di suhu yang panas rayap akan pergi, pada suhu yang sangat dingin juga bisa membuat rayap menghilang bahkan mati. Kamu bisa gunakan ini dengan memanfaatkan pendingin seperti AC.

Silakan atur suhu ruangan ke temperatur yang paling rendah. Suhu yang ekstrim akan membuat rayap mati secara tiba-tiba. Gak percaya? Cobain dulu gengs.

4. Siram Pakai Campuran Cuka dan Perasan Jeruk Lemon

Ternyata ada dua bahan dapur yang bisa digunakan untuk membasmi rayap nakal di rumah. Bagaimana caranya? Mudah saja, silakan ambil dua buah jeruk lemon. Lalu, peras kedua buah tersebut dan campurkan perasan lemon dengan setengah cangkir cuka.

Gunakan botol semprot untuk diisi dengan dua campuran bahan itu tadi. Nah, jika sudah kamu bisa semprot ke perabot atau bangunan rumah yang diserang rayap.

5. Cara Cepat Membasmi Rayap Menggunakan Air Sabun

Cara membasmi rayap di rumah yang kelima adalah membasmi rayap dengan air sabun. Ibu-ibu di rumah tentu tidak asing lagi dengan air sabun. Entah sabun cuci pakaian, sabun cuci piring, hingga sabun mandi. Akrab banget kan bund? Hehe iya dong.

Nah, kamu bisa gunakan air sabun untuk membasmi rayap. Pertama, silakan larutkan sabun cair hingga menjadi lebih encer. Setelah air sabun menjadi encer, ambil botol semprot atau wadah bekas spray juga bisa. Isi wadah semprotan itu dengan air sabun, lalu semprot ke perabot yang ada rayap nakalnya. Lakukan cara ini secara rutin agar bisa mengusir rayap.

6. Pakai Jasa Anti Rayap dari Tenaga Ahli

Udah coba banyak cara, tapi kok rayap masih betah aja di rumah? Rayap gak mau hilang? Duhh, jangan khawatir pak bund karena kami punya solusinya. Kamu bisa gunakan jasa anti rayap dari tenaga profesional. Portal Cantik menyarankan Fumida sebagai tempat untuk menggunakan jasa anti rayap.

Fumida terdiri dari tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Di tempat jasa anti rayap yang satu ini kamu diberikan garansi selama 3 tahun. Jika selama masa garansi masih ada rayap yang mengitari perabotan di rumah kamu, Fumida siap memberantas kembali. Silakan hubungi tim Fumida di nomor 0822-1123-1123 atau 021-2904-9130.

Demikian artikel mengenai cara membasmi rayap di rumah dengan mudah yang bisa Portal Cantik berikan. Semoga kamu segera bisa membasmi rayap ya gengs!

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Kenali Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini, Yuk Bun!

Bantu dan Peduli Anak Indonesia melalui Donasi Online

Berikut

Tinggalkan komentar