Makanan Ikan Mas dan Umpan untuk Memancingnya

Pamor dunia ikan mas sepertinya tidak ada penurunan. Dibuktikan dengan banyaknya orang yang masih baru mulai membudidayakannya dan bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai isi dari kolam pemancingan.

Khusus bagi para pembudidaya dan juga yang suka memancing, tahu nggak kalau beberapa makanan ikan mas berikut ini bisa sekaligus jadi umpan terbaik untuk memancingnya?

Budidaya ikan memang sangat menarik. Di dalamnya ada orang yang khusus membudidayakan ikan, ada juga yang menjadi tengkulaknya, ada yang menjual di pasar, dan ada juga yang hanya suka memancing ikan.

Dari beragam jenis minat tersebut, sepertinya khusus untuk pembudidaya dan juga ahli memancing sangat tepat telah berkunjung ke sini. Ada fakta yang lumayan menarik, bahwa ada jenis makanan yang sangat baik untuk perkembangan ikan mas yang sekaligus juga bisa menjadi umpan ikan mas saat memancing.

Makanan Ikan Mas yang Bisa Dijadikan Umpan

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki dua fungsi, makanan yang baik untuk ikan mas sekaligus bisa dijadikan umpan. Berikut ini adalah beberapa makanan dan juga umpan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan ikan mas :

1. Kroto Semut Rangrang

Nah, ini adalah makanan ikan mas pertama yang bisa sekaligus dijadikan umpan untuk menangkap ikan mas. Telur dari semut rangrang ini, dianggap memiliki tingkat protein yang cukup tinggi. Jadi, ia sangat cocok kalau dijadikan makanan untuk ikan mas tercinta yang sedang kamu budidayakan.

Biasanya, untuk telur semut rangrang atau yang biasa disebut dengan kroto ini, bisa kamu dapatkan di daerah pohon-pohon yang rimbun. Pakailah alat yang biasanya berupa jaring untuk bisa menjangkau daerah yang sempit. Atau jika bisa, langsung saja panjat pohon tempat semut rangrang berada.

Penggunaannya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu memisahkan antara kroto dengan semutnya terlebih dulu. Setelah sudah terpisah, langsung saja ceburkan makanan tersebut untuk dijadikan makanan ikan.

Selain untuk makanan, kroto juga bisa kamu gunakan untuk menjadi umpan ikan yang sangat baik. Yang jelas, ikan mas akan menyukai makanan ini, apalagi proteinnya tinggi. Dengan kroto, kamu bisa loh untuk bikin pemilik kolam ikan merugi karena perolehan ikan mas-mu yang sangat banyak.

2. Ulat Daun Pisang

Makanan sekaligus umpan yang satu ini, sangat mudah dicari. Pergilah ke kebun pisang milikmu atau milih tetanggamu. Jangan lupa untuk izin terlebih dahulu kepada pemiliknya untuk mencari ulat yang ada di daun pisang. Biasanya, ia berada di daun pisang yang menggulung.

Nah, ulat daun pisang ini, konon memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan tentu baik untuk ikan mas. Selain kelengkapan nutrisi, kandungan proteinnya juga sangat tinggi. Jadi untuk pertumbuhan ikan mas, makanan ini sangat direkomendasikan.

Selain untuk makanan ikan mas, ulat daun pisang juga bisa kamu gunakan sebagai umpan memancing ikan tersebut. Ulat daun pisang ini, biasanya juga dijadikan makanan pokok ikan mas. Jadi, dengan ikan mas menganggap bahwa ada orang yang memberikan makanan pokoknya, dia akan tertipu dan akan mudah terjerat kail pancing yang telah kamu siapkan.

3. Cacing Tanah

Makanan ikan mas sekaligus umpan untuk memancing yang terbaik ketiga adalah cacing tanah. Mengapa ini cocok dijadikan makanan? Sebab ia memiliki kurang lebih 40% protein di dalam tubuhnya yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang ikan mas. Jadi, pemilihan cacing sebagai makanan untuk ikan mas sangat tepat.

Apalagi, untuk mencarinya juga sangat mudah. Kamu tinggal mengorek-ngorek tanah di depan, samping, belakang, atau di tanah milik tetangga untuk mencari hewan yang satu ini. Nantinya, dia akan menggeliat-geliat dan tanganmu hanya tinggal meniru ayam ketika mematuknya. Ambillah cacing tanah tersebut dan masukkan dalam wadah yang sudah disiapkan.

Kamu juga bisa memberikan cacing tanah sebagai makanan, sebaiknya kamu mencucinya terlebih dahulu. Karena cacing tanah yang baru diambil biasanya masih memiliki sisa tanah kebun. Dan ini bisa saja menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan pada ikan mas kesayangan kamu.

Begitu juga ketika dijadikan umpan memancing, lebih baik dicuci terlebih dahulu. Jangan hanya karena kamu menggunakannya sebagai umpan. Yang dipertaruhkan itu adalah ikan yang masih hidup dalam kolam pemancingan. Jadi, lebih baik dibersihkan dahulu dan kalau bisa, buanglah isi dari cacing tanahnya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa jenis hewan dual-fungsi yang bisa digunakan sebagai makanan ikan mas sekaligus untuk memancing ikan mas keluar dari persembunyiannya. Selain mudah didapatkan, beberapa hewan ini juga tidak akan membuat kantong kamu jebol. Jadi, selamat mencoba!

Tinggalkan komentar