5 Titik Refleksi Asam Lambung, Efektif Redakan Gejala!

Pernah mengalami gejala asam lambung naik? Penting buat kamu paham titik refleksi asam lambung untuk segera mengatasinya. 

Asam lambung menjadi cairan yang jika produksinya normal akan membantu proses pencernaan. Tapi, saat produksinya terlalu banyak, cairan ini akan masuk ke kerongkongan dan mengakibatkan beberapa gejala. 

Contohnya mual, heartburn, sulit menelan, dan sebagainya. Sekarang, gejala naiknya produksi asam lambung ini populer dengan sebutan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). 

Bagi penderitanya, tentu penting tahu titik refleksi yang bisa meredakan atau meringankan gejala. Pasalnya, memang ada titik-titik refleksi yang berkaitan langsung dengan organ pencernaan. 

Apa Itu Titik Refleksi? 

Titik refleksi merupakan sejumlah titik pada tubuh, utamanya di bagian kaki dan tangan yang terhubung dengan berbagai organ-organ yang ada dalam tubuh. 

Penghubung antara titik refleksi dengan organ dalam tubuh, diyakini lewat jalur energi tertentu yang merupakan konsep dasar refleksologi. 

Nah, konsep refleksologi itu sendiri menjadi metode pengobatan alternatif yang cara kerjanya dengan memberi tekanan pada beberapa titik agar aliran energi di dalamnya kembali lancar. 

Kemudian, pemberian tekanan ini diharapkan mampu merangsang fungsi organ sekaligus membantu proses penyembuhan. Konsep semacam ini memang sudah banyak dipakai di pengobatan tradisional Tiongkok dan kini populer. 

Salah satu penyakit atau kondisi yang dapat teratasi dengan pijat refleksi di titik-titik tertentu adalah asam lambung. 

Baca juga: Makanan Kesukaan Rasulullah dan Pola Makan Sehat ala Nabi

Titik Refleksi Asam Lambung dan Manfaatnya

Saat asam lambung naik memang membuat tubuh jadi kurang nyaman. Ketika terjadi, sebaiknya beri tekanan ke titik pijat asam lambung pada tangan dan kaki yang dinilai efektif meredakan gejala. Berikut, titik pijatnya: 

1. Titik SP 4

Pertama, titik refleksi asam lambung terletak di SP 4 atau Spleen 4. Letaknya ada di lengkungan telapak kaki, tepatnya 3 cm di atas tumit. 

Dalam refleksologi, pemijatan di bagian ini bisa mengurangi beberapa gejala GERD seperti mual, nyeri dada, sakit perut, dan masalah pencernaan. 

Kamu bisa memberi tekanan cukup kuat ke bagian ini pakai dua jari, setidaknya satu menit. Jadi, dengan ini gejala naiknya asam lambung bisa berkurang. 

2. Titik LV 3

Sebutan lain dari titik ini adalah Liver 3. Letaknya berada di antara ibu jari dan jari-jari lain di kedua kaki. 

Ada juga sebutan โ€˜Great Surgeโ€™ karena punya pengaruh besar untuk mengatur energi yang berkaitan dengan hati. Sedangkan hati itu sendiri, merupakan pengatur semua energi yang ada di seluruh bagian tubuh. 

Jika energi hati ini lancar, maka fungsinya untuk mengatur seluruh energi dalam tubuh akan lebih baik. Termasuk juga bermanfaat untuk meredakan berbagai gejala yang umumnya penderita GERD rasakan. 

Baca juga: Sereal Ampuh Atasi Asam Lambung, Masa sih? Baca di Sini

3. Titik P6 (Pericardium 6)

Selanjutnya, cara pijat menurunkan asam lambung yakni dengan memberi tekanan ke titik di sekitar pergelangan tangan kamu. Tepatnya 6 cm di bawah garis bagian pergelangan tangan. 

Salah satu manfaat memberi pijatan pada titik refleksi asam lambung ini adalah membantu mengatasi ketegangan pada dada yang sering terjadi ketika asam lambung naik. 

Selain itu, titik P6 juga efektif dalam menangani beberapa gangguan pencernaan yang mungkin kamu alami. 

4. Titik CV 6

Bernama Titik Conception Vessel 6, ini juga menjadi titik lain yang seharusnya dapat tekanan ketika kamu mengalami GERD atau berbagai gejala asam lambung. 

Bedanya, letak titik CV 6 bukan lagi di tangan atau kaki, tapi 3 cm di bawah pusar. Lantaran letaknya di sekitar perut, maka manfaatnya yakni mampu mengatasi perut kembung yang sering menjadi gejala naiknya asam lambung. 

5. Titik CV 12

Titik lain yang ternilai efektif dalam refleksologi untuk mengatasi gejala asam lambung adalah CV 12. Adanya di garis tengah tubuh, yakni antara tulang dada dan pusar. 

Dengan memijat bagian ini, biasanya gejala refluks asam, gangguan perut, dan peradangan lambung lainnya akan berkurang. Tapi, kamu harus memijat CV 12 dengan tekanan yang lembut secara berulang-ulang. 

Tapi, bolehkah sakit asam lambung dipijat? Dari jawaban dokter, bukan masalah besar untuk memijatnya selama tidak memberi pijatan yang menimbulkan nyeri karena terlalu kuat. 

Jadi, pastikan kamu memijatnya sesuai dengan kenyamanan dan rasa sakit yang masih bisa ditolerir, bukan asal sakit saja. 

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Kebas di Tangan dan Kaki

Pertolongan Pertama Saat Gejala Asam Lambung Muncul 

sido muncul
Sido Muncul

Gejala asam lambung seperti mual, heartburn, dan perut kembung tentu sangat mengganggu. 

Saat mengalaminya, kamu jangan panik. Cobalah duduk tegak, longgarkan pakaian, serta minum air putih dulu untuk membuat gejalanya mereda. 

Selain itu, coba beberapa langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik lebih lanjut seperti konsumsi teh jahe atau konsumsi air cuka lemon maupun apel. 

Coba pula berbagai cara-cara alami seperti mengkonsumsi berbagai produk herbal dari SIDO MUNCUL yang efektif meredakan asam lambung secara alami.

Tinggalkan komentar