8 Cara Menghilangkan Kebas di Tangan dan Kaki

| |

Cara menghilangkan kebas di tangan – Bisa dikatakan, hampir setiap orang pasti pernah merasakan kebas dan kesemutan pada tangan atau kakinya. Kebas adalah suatu kondisi hilangnya sensasi di bagian tubuh tertentu atau kerap disebut mati rasa. Kebas juga disertai dengan sensasi abnormal seperti tertusuk jarum, tersengat, tergelitik, bahkan bisa terbakar.

Apa yang kamu rasakan ketika mengalami kebas di tangan atau kaki? Ya, tentu saja tidak nyaman sekali. Penasaran bagaimana cara menghilangkan kebas di tangan? Simak selengkapnya di artikel ini.

Cara Menghilangkan Kebas di Tangan dan Kaki

Jika salah satu bagian tubuhmu mengalami kebas, kamu bisa coba beberapa cara di bawah ini.

1. Lebih Aktif Bergerak

Tanpa kita sadari, posisi duduk atau posisi tertentu yang terlalu lama dapat menimbulkan kebas. Misalnya, kamu terlalu lama duduk mematung di depan TV atau terlalu lama berdiri, bisa menyebabkan kebas. Cobalah untuk menggerakkan anggota tubuh atau mengganti posisi agar sirkulasi darah tetap lancar.

2. Gunakan Es Batu

Cara menghilangkan kebas di tangan dan kaki yang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa mengatasinya dengan merendam jari tangan atau kaki dengan es batu. Hal ini bisa membantu untuk merangsang aliran darah di bagian tubuh kamu yang mengalami kebas.

3. Istirahat

Bisa jadi kebas pada kaki atau tangan diakibatkan oleh aktivitas yang monoton dan tanpa istirahat. Misalnya, kamu mengetik terlalu lama di depan laptop tiada henti. Tiba-tiba jari tanganmu mengalami kebas. Nah, cara menghilangkan kebas di tangan yang bisa kamu lakukan adalah dengan berhenti sejenak dari aktivitas tersebut.

4. Melakukan Peregangan

Cara lain yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan pada tangan atau kaki. Kamu bisa melakukannya saat istirahat, seperti mengepal tangan atau meluruskan kaki.

5. Yoga atau Fisioterapi

Yoga atau fisioterapi juga bisa menghilangkan bahkan meminimalisir terjadinya kebas di tangan dan kaki. Kamu bisa mengikuti gerakan-gerakan yoga dari Youtube. Selain bisa menghilangkan kebas, kamu juga bisa lebih menenangkan tubuh.

6. Hindari Kafein

Sering mengalami kebas? Jangan-jangan selama ini kamu suka mengonsumsi kafein. Ternyata, kafein dapat membuat tubuh dehidrasi dan menghambat sirkulasi di dalam darah. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengurangi asupan kafein untuk meminimalkan terjadinya kebas.

Baca juga:

7. Jaga Gula Darah Tetap Rendah

Bisa jadi salah satu penyebab kebas dan kesemutan adalah diabetes. Jika tidak ingin mengalami hal ini terus-menerus, sebaiknya kamu mulai mengatur asupan gula ke dalam tubuh. Pilihlah gula yang rendah kalori agar gulu di dalam tubuh tidak terlalu tinggi. Batasi asupan makanan manis agar gula darah tetap stabil.

8. Mengonsumsi Obat Kesemutan

Selain beberapa cara menghilangkan kebas di tangan dan kaki yang telah disebutkan, kamu juga bisa mengatasinya dengan meminum obat kesemutan. Salah satu obat kesemutan yang bisa dicoba adalah Neurobion.

Neurobion merupakan suplemen atau obat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf kita. Ada dua jenis Neurobion yaitu Neurobion Forte (warna merah) dan Neurobion (warna putih).

Neurobion Forte lebih ditujukan kepada gejala-gejala berat yang sudah mengganggu kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Sedangkan, Neurobion yang berwarna putih dikonsumsi untuk meredakan kebas atau gejala ringan.

Obat kesemutan bisa kamu gunakan ketika kebas tidak bisa dihentikan dengan cara-cara alami yang telah disebutkan. Jika kebas berlangsung terus-menerus, segera kunjungi dokter. Terus jaga pola hidup sehat ya sobat Portal Cantik.

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Mudah dan Bagus

6 Cara Membedakan Natura Beauty Spray Asli dan Palsu

Berikut

Tinggalkan komentar