Orangtua Perlu Tahu! Cara Agar Anak Fokus Belajar

| |

Konsentrasi atau fokus dalam belajar, bukan suatu hal yang bisa didapatkan dengan mudah. Terutama pada anak-anak. Harus ada sekian metode ataupun cara agar anak fokus belajar dan tidak mudah terganggu. Seorang anak yang cenderung aktif, tentu saja mudah terdistraksi oleh apa saja yang ada di sekelilingnya. 

Misalnya saja, ketika ia belajar dan mengingat ada acara televisi kesukaannya, kegiatan belajarnya akan berhenti dan memilih untuk menonton televisi. Walaupun ia tetap memilih untuk belajar, pastinya ia tidak akan menyerap apa saja yang telah dipelajarinya. Masuk mata kanan, keluar mata kiri. 

Hal ini tentu saja akan berdampak negatif terhadap anak. Misalnya saja, prestasi di sekolah akan menurun. Pasalnya, si anak tidak menyerap secara penuh informasi detail mengenai hal yang sedang dipelajarinya. Kalaupun ada yang dipahami, paling hanya setengah-setengah dan hal tersebut akan mempengaruhi prestasinya. 

Jika tidak ingin hal itu terjadi, maka silakan berikan si anak metode atau cara agar anak fokus belajar yang tepat. Ada beberapa metode yang bisa digunakan dan dianggap efektif untuk meningkatkan konsentrasi serta fokusnya. 

Cara Agar Anak Fokus Belajar dengan Mudah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, fokus dan konsentrasi ketika belajar, bukan hal yang bisa langsung didapatkan secara langsung atau instan. Melainkan harus dilatih secara teratur agar menjadi kebiasaan. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan? Cek selengkapnya di uraian berikut ini ya.

1. Mengubah Cara Belajar

Cara agar anak fokus belajar pertama adalah dengan mengubah cara belajarnya. Sangat banyak anak yang betah ketika bermain walaupun berjam-jam. Namun, banyak juga anak yang sukar konsentrasi dan juga fokus ketika mengerjakan sesuatu atau belajar. Hal tersebut bisa menjadi indikasi, bahwa anak tersebut memang lebih suka cara belajar lain. 

Kamu bisa mengubah cara belajarnya dengan cara memodifikasinya. Kamu harus memodifikasi hingga belajar menjadi suatu hal yang menarik. Jangan lupa untuk menyelingi games yang sederhana agar ia tidak mudah bosan. Setelah itu, kamu bisa mengajaknya untuk kembali belajar. 

2. Ajak Anak untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Setelah melakukan tes konsentrasi anak dan kamu menemukan bahwa rentang konsentrasi atau fokusnya sangat pendek, maka kamu bisa mencobanya atau mengajaknya melakukan aktivitas fisik di sela-sela waktu belajar. Kamu bisa memilih kegiatan seperti menari dan juga bermain di luar. 

Jangan lupa untuk tetap menjaga ia selalu terhidrasi. Penuhi asupan airnya agar ia bisa tetap fokus ketika sedang belajar. Kekurangan cairan, bisa saja mengakibatkan ia memiliki rentang konsentrasi atau fokus yang rendah dan menyebabkan kegiatan belajarnya kurang efektif. 

Ketika sudah beberapa waktu melakukan cara tersebut, kamu bisa mencoba untuk melakukan tes konsentrasi kesekian kalinya. Dan jika sudah, kamu bisa mengecek apakah ada peningkatan atau tidak. 

3. Menyingkirkan Gangguan

Jika memang cara agar anak fokus belajar tersebut masih belum efektif untuk meningkatkan poin konsentrasi dan juga fokus dari anak ketika belajar, maka cara ini bisa kamu tambahkan. Kamu harus menyingkirkan berbagai gangguan agar ia tidak mudah terdistraksi ketika belajar. Anak susah fokus belajar bisa saja lantaran banyaknya gangguan. 

Contoh gangguan yang harus dihindarkan ketika ia sedang belajar yakni tempat pensil lucu, mainan, smartphone, dan beberapa hal yang sejenis. Beberapa hal tersebut akan membuat anak sukar untuk berkonsentrasi dan memecah fokusnya ketika belajar. Ketika ia belajar, pastikan beberapa hal tersebut tidak ada di sampingnya. 

4. Membagi Tugas

Cara agar anak fokus belajar selanjutnya, yakni tentang metode yang digunakan ketika ia belajar. Biasanya, sang anak akan kesulitan ketika dalam satu waktu, ia harus belajar banyak hal dan juga belajar banyak materi. Ketika sudah terlalu jenuh karena belajar terlalu banyak, maka langkah membagi tugas merupakan yang paling tepat dilakukan. 

Cara melatih anak agar fokus belajar salah satunya yakni dengan membagi tugas. Hal ini bisa dilakukan dengan memilah beberapa materi belajarnya terlebih dahulu. Misalnya buku, kamu bisa membaginya dengan beberapa halaman. Namun jika ia belajar banyak bab, maka bagilah belajarnya menjadi beberapa segmen. 

Secara sederhana, kamu bisa membagi satu segmen belajar dengan satu bab ataupun satu halaman. Jika satu segmen selesai, maka kamu bisa memberikannya kesempatan agar beristirahat terlebih dahulu. Namun pastikan, waktu istirahatnya tidak terlalu lama karena hal tersebut juga akan membuat anak kesulitan membangun fokus. 

Jika dalam segmen pertama kamu memberikan waktu belajar selama satu jam, maka berikan ia waktu istirahat sekitar 10 menit saja. Setelah segmen selesai, ia harus sudah kembali ke meja belajarnya untuk melanjutkan halaman ataupun bab selanjutnya. Dengan begitu, otaknya sangat siap ketika harus menerima informasi baru. 

Cara mengajarkan anak fokus belajar tentu saja masih banyak. Selain beberapa hal yang telah disebutkan tadi, bunda juga bisa menambahkan suplemen untuk meningkatkan konsentrasi belajarnya.

Kamu bisa memilih Generos sebagai suplemen terbaik untuk menemani anak bertumbuh. Suplemen herbal Generos ini dipercaya mampu memberikan rangsangan yang baik sehingga si kecil bisa lebih mudah dalam berkonsentrasi. 

Generos Suplemen Herbal Anak, Tingkatkan Konsentrasi Belajar

Generos merupakan salah satu suplemen yang banyak digunakan oleh para orangtua bagi anak yang sukar atau lambat berbicara, serta autis dan ADHD. Sama halnya seperti penderita autis, ADHD, atau terlambat bicara, Generos akan menstimulasi otak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Generos punya kandungan alami yang didesain mampu memberikan stimulasi baik pada otak. Salah satu kandungan yang punya khasiat yang untuk memberikan stimulasi pada otak adalah pegagan.

Dengan nama ilmiah Centella Asiatica, daun pegagan memiliki segudang manfaat yaitu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, memberikan efek positif pada daya rangsang saraf otak, meningkatkan fungsi kognitif otak dan banyak lagi.

Berdasarkan hasil penelitian Prof. Venena Kalra, Himalaya Research and Development, daun pegagan terbukti memiliki khasiat yang mampu meningkatkan konsentrasi otak. Generos yang punya kandungan daun pegagan dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.

Apa Itu Generos?

Generos merupakan suplemen herbal khusus untuk anak yang diproduksi oleh PT. Quantum King Sulaiman. Manfaat dari Generos, yakni agar si kecil terbebas dari masalah speech delay, membantu kondisi anak agar terbebas dari autis dan ADHD, nutrisi otak, dan juga bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. 

Generos sangat bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan bisa menyelesaikan kondisi speech delay lantaran bisa membuat sel-sel yang ada dalam otak saling terkoneksi. 

Manfaat Lain dari Generos Suplemen Herbal Anak

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada beberapa poin manfaat yang akan didapatkan oleh anak jika mengkonsumsi Generos. Adapun manfaat lainnya yakni sebagai berikut: 

  • Membantu anak mengatasi speech delay
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan kreativitas 
  • Menstimulasi bakat alamiah 
  • Membantu anak mengatasi masalah belajar
  • Membantu anak yang memiliki kebutuhan khusus 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika mengkonsumsi Generos. Dengan dukungan cara agar anak fokus belajar serta tambahan suplemen Generos, masalah anak yang sukar mendapatkan konsentrasi serta fokus ketika belajar bisa segera diatasi. 

Yuk pantau juga official media sosial Generos di bawah ini:

  • Instagram : generos.id
  • Facebook : generos.id
  • Tiktok : Generos.id
  • Youtube : Official Generos
Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Apakah Ada Efek Samping Generos Pada Anak? Simak Jawabannya yuk

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak, Biar Makin Lahap!

Berikut

Tinggalkan komentar