Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak, Biar Makin Lahap!

| |

Bunda sedang memiliki anak yang loyo saat disuruh makan? Disuruh makan eh dia malah ogah-ogahan? Jika iya, tentu saja itu karena nafsu makannya yang sangat kecil dan cenderung kurang. Jika anak bunda mengalami hal demikian, maka cara meningkatkan nafsu makan anak yang ada di artikel ini, mungkin bisa menjadikannya Samson yang makan dengan lahap.

Memang cukup menyebalkan ketika anak menolak saat diajak makan. Apalagi ketika ia sudah menutup mulutnya karena enggan. Sebenarnya mungkin ada penyebab lain mengapa ia enggan makan. Mungkin saja karena bunda mengolah makanannya kurang menarik atau memang ia sedang tak ingin makan saja. 

Pada kondisi tertentu misalnya ketika bunda sudah membuat makanan dengan sangat baik tapi ia tetap tak mau makan, maka ada hal yang perlu dipertanyakan. Ada kemungkinan nafsu makannya memang menurun. Nafsu makan dikendalikan oleh hormon leptin dan ghrelin.

Hormon leptin yang berfungsi untuk menurunkan nafsu makan, mengambil peran lebih di dalam diri si kecil. Hal tersebut akan menghambat rasa laparnya. Ketika lapar, biasanya hormon ghrelin akan berperan untuk mengirim sinyal ke otak dan barulah di situ si anak bisa bertindak atau mengatakan bahwa ia sedang lapar. 

Jika nafsu makannya turun, maka asupan gizi dan nutrisinya tidak akan terpenuhi. Tumbuh-kembangnya juga tidak akan maksimal. Makanya diperlukan cara meningkatkan nafsu makan anak agar gizinya bisa terpenuhi. 

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Kurangnya nafsu makan pada anak, bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja tegang, stres, efek samping dari obat yang dikonsumsinya, kondisi medis tertentu, tampilan makanan yang tidak menarik hati si anak, dan lainnya. Bunda harus mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya. 

Semua cara tersebut, akan dirangkum pada uraian berikut:

1. Hindari Tindakan Memaksa

Cara meningkatkan nafsu makan anak yang pertama adalah dengan tidak memaksanya makan. Hal ini harus dilakukan agar tidak memancing ketegangan ketika ia sedang makan. Dan jika terus saja dipaksa, besar kemungkinan akan membuat anak kurang memiliki sensitivitas terhadap rasa lapar. 

Tentu saja, jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang lama, lambat laun nafsu makannya akan menurun. Dan nantinya kebutuhan gizi serta nutrisi yang penting bagi tumbuh-kembangnya juga tidak akan terpenuhi. 

2. Buat Tampilan Makanan yang Menarik

Namanya juga anak kecil, tentu saja sisi lucu atau menariknya tampilan makanan juga ikut dipertimbangkan. Jangankan anak kecil, orang dewasa juga sering pilih-pilih makanan. Kalau nggak menarik, biasanya nggak bakal dipilih. Nah, hal tersebut juga bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan nafsu makan anak. 

Bunda harus mengatur makanannya semenarik mungkin agar anak mau memakannya. Misalnya saja, membuat makanan yang memiliki aroma menggoda serta tampilan yang menyenangkan. Jika bisa, bunda perlu belajar untuk menata tampilan dari makanan yang akan diberikan. 

Bisa dengan tambahan irisan kecil sayur yang berwarna, atau apapun yang membuat makanan jadi semakin menarik. Dengan begitu, si anak akan tertarik untuk memakannya. 

3. Bagi dalam Porsi Kecil

Selain kedua cara meningkatkan nafsu makan anak di atas, kamu juga bisa melakukan cara yang satu ini. Caranya yakni dengan membagi makanan dalam porsi kecil. Ada informasi yang mengatakan bahwa satu piring penuh makanan, akan menurunkan nafsu makannya. 

Anak-anak bukan Tanboy Kun ataupun Samson yang piringnya bisa diisi nasi satu Magic Com dan lauk-pauk yang cukup untuk sepuluh orang. Ia masih membutuhkan sedikit penyesuaian terhadap apa saja yang akan dimakannya. Maka dari itu, silakan bagi makanan menjadi beberapa porsi yang jauh lebih kecil. 

Agar tak kekurangan nutrisi dan juga gizi, jangan lupa untuk memberikannya beberapa kali atau menyajikannya lebih sering. Pasalnya, makanan dengan porsi yang sedikit, tentu saja hanya mengandung sedikit gizi dan nutrisi. Selain memudahkan anak untuk meningkatkan nafsu makan, bunda juga lebih dimudahkan ketika menyiapkannya. 

4. Membuat Kreasi Makanan yang Unik dan Baru

Menu makanan juga merupakan salah satu hal yang bisa saja dipertimbangkan oleh anak ketika akan makan. Misalnya saja, jika hari ini memakan telur mata sapi dengan satu mata saja, di beberapa hari selanjutnya ketika kamu menyajikan telur tanpa kreasi, ia mungkin tidak akan memakannya. 

Buatlah telur mata sapi dengan dua mata, hal tersebut mungkin akan menarik minatnya untuk makan. Selain itu, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan lain agar ia tak mudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Jangankan anak-anak, bahkan orang dewasa akan darah tinggi jika setiap hari diberikan telur mata sapi saja. 

Selain agar nafsu makannya meningkat, lambat laun kegiatanmu berkreasi saat memasak, akan meningkatkan skill memasak bunda. Cara meningkatkan nafsu makan anak ini bisa kamu lakukan agar bisa lebih lahap dalam menikmati makanan.

5. Memberikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Selain melakukan beberapa cara di atas, bunda juga bisa memberikannya suplemen penambah nafsu makan. Memang suplemen terbaik untuk anak adalah makanan sehari-hari itu sendiri.

Namun, ketika anak mengalami penurunan nafsu makan, maka anak hanya mau makan sedikit dan cenderung pilih-pilih. Nah hal inilah yang akan berdampak pada kurangnya nutrisi yang akan diserap tubuh. Kalau hal ini dibiarkan saja, tumbuh kembang anak akan terhambat atau lambat dalam berkembang. Orangtua pasti tidak ingin tumbuh kembang anaknya terhambat, bukan? Oleh karena itu, penambahan suplemen untuk anak dirasa penting untuk diberikan. Apalagi jika suplemen tersebut bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Salah satu suplemen herbal anak yang bisa menjadi pilihan adalah Generos. Diperkaya dengan kandungan Temulawak, Generos mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Kok bisa begitu? Mari simak penjelasan berikut ini.

Temulawak di Dalam Generos, Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Sumber: Katalog Generos

Kalau sahabat Portal Cantik nggak tahu tentang Generos, ada baiknya menyimak uraian ini. Jadi, sebenarnya Generos itu merupakan salah satu suplemen herbal yang punya banyak manfaat bagi anak. Salah satu manfaatnya, tentu saja untuk meningkatkan nafsu makan. 

Hah? Kenapa bisa? Sebentar. Sabar. Begini penjelasannya bu ibuu. 

Kandungan atau Komposisi Generos

Nah, ini dia yang bisa menjelaskan yakni kandungan atau komposisi dari Generos itu sendiri. Di dalam suplemen herbal ini, ada beberapa kandungan dan komposisi yang sangat bermanfaat bagi si kecil. Apa saja komposisinya? 

  • Centella Asiatica Herba (Daun Pegagan) – 1,5 g. 
  • Zingiberis Officinale Rhizoma – 1g. 
  • Curcuma Xanthoriza Rhizoma (Temulawak) – 2,5g. 
  • Mel Depuratum (Madu Hitam) – 30 ml. 
  • Phyllantus Niruri Herba – 0,5 g. 

Itulah komposisi Generos. Lalu, kandungan yang bermanfaat agar anak bertambah nafsu makannya adalah Curcuma Xanthoriza Rhizoma atau yang kita kenal dengan sebutan temulawak. 

Berbagai penelitian telah menyebutkan kalau temulawak punya khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan nafsu makan anak. Dilansir dari hellosehat.com, para pakar menyebutkan kalau temulawak dapat merangsang enzim yang membuat anak merasa lapar. Nah, sinyal rasa lapar ini akan dikirimkan ke otak, sehingga muncul keinginan untuk makan.

Temulawak sendiri punya beragam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari temulawak: 

  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh 
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Mengobati inflamasi
  • Menjaga kesehatan hati 
  • Dan masih banyak lagi

Dengan adanya kandungan temulawak dalam Generos, maka tentu saja konsumsi suplemen herbal ini akan membuat nafsu makan si kecil meningkat. Jika sudah mengkonsumsinya secara rutin, jangan heran kalau bunda akan kewalahan ketika menyiapkan makan untuknya.

Generos sudah tersedia di berbagai marketplace online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Ayo bund segera beli Suplemen Herbal Generos agar nafsu makan anak meningkat.

Pantengi juga official media sosial Generos di bawah ini:

  • Instagram : generos.id
  • Facebook : generos.id
  • Tiktok : Generos.id
  • Youtube : Official Generos
Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Orangtua Perlu Tahu! Cara Agar Anak Fokus Belajar

Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Mudah dan Bagus

Berikut

Tinggalkan komentar