7 Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih

| |

Mungkin kamu bertanya-tanya mengenai cara memakai softlens untuk pemula agar tidak perih di mata? Jika iya, kamu tepat membaca artikel kali ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai itu.

Softlens adalah alat bantu penglihatan bagi seseorang yang memiliki masalah pada mata. Selain itu, softlens juga merupakan salah satu benda yang menjadi aksesoris mempercantik mata. Namun, bagi mereka yang hanya digunakan sebagai aksesoris tidak selalu dipakai setiap saat.

Lain hal bagi mereka yang menggunakan softlens sebagai alat bantu penglihatan, mereka akan memakainya sepanjang waktu untuk membantu melihat secara jelas tanpa menggunakan kacamata.

Terkadang, penggunaan softlens terlihat sederhana ketimbang kacamata yang perlu dipakai dengan kerangka kacamata di wajah kita. Softlens hanya dipasang atau ditempelkan di mata. Rasanya seperti kamu tidak memakai apa-apa, alias masih bisa dianggap sama dengan yang lainnya terlihat normal tanpa kacamata.

Softlens juga dipilih sebagai alternatif bagi seseorang yang tidak menyukai kacamata, mengganggu penampilan atau katanya dengan berkacamata itu cupu. Ya walaupun saat ini sudah banyak kacamata yang bergaya kekinian. Balik lagi sih, setiap orang punya pilihan untuk memilih menggunakan softlens atau kacamata.

Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih
Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih

Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih

Menggunakan softlens butuh perhatian khusus, karena jika tidak akan timbul berbagai masalah nantinya termasuk mata perih.

Agar tidak timbul mata perih kamu perlu menggunakannya secara benar.

Adapun cara memakai softlens untuk pemula agar tidak perih di mata adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Ada beberapa peralatan yang kamu butuhkan untuk memakai softlens di mata. Peralatan tersebut adalah kotak softlens yang berisi softlens kamu. Kemudian, siapkan cairan softlens. Selanjutnya, alat untuk memakaikan softlens seperti capit (jika dibutuhkan). Terakhir, siapkan kaca atau kamu berdiri di depan kaca juga boleh.

2. Cuci Tangan

Cara memakai softlens untuk pemula agar tidak perih yang kedua adalah mencuci tangan. Sebelumnya, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan sudah siap. Selanjutnya, cuci tanganmu agar bersih. Dengan mencuci tangan ini kamu bisa terhindar dari bakteri atau kuman jahat yang menempel di tangan. Serta terhindar dari iritasi yang bisa menyebabkan mata menjadi perih.

Baca juga: 7 Kegunaan Baby Oil untuk Kecantikan

3. Buka Perlahan Softlens dari Kemasannya

Nah, langkah selanjutnya kamu perlu memahami cara membuka softlens baru agar tidak salah. Perlu diingat, saat membeli softlens kamu perlu memperhatikan warna, tanggal kadaluarsa dan ukurannya.

Cara membukanya juga cukup mudah, kamu perlu membukanya dengan cara mencari suatu tanda di atas kemasan/botol/kotak dari softlens kamu. Biasanya tanda ini berbentuk segitiga. Tahan dengan menggunakan jempol kemudian dorong ke atas.

4. Ambil dan Teteskan Softlens dengan Cairan Khusus

Setelah terbuka kemasan softlens yang baru kamu beli, selanjutnya ambil softlens tersebut dan letakkan di atas telapak tangan. Oiya, kamu juga bisa mengambil softlens dengan alat khusus seperti capit. Kemudian, teteskan softlens dengan cairan khusus softlens. Gunakan jari manis untuk membersihkan softlens.

Selalu lakukan dengan pelan-pelan ya.

5. Letakkan Softlens di Atas Jari atau Alat Khusus

Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih
Cara Memakai Softlens untuk Pemula agar Tidak Perih

Nah, sebelum memasangkan softlens ke mata, maka kamu perlu memposisikannya dulu agar mudah untuk dipasangkan di mata. Caranya adalah taruh softlens di ujung jari telunjuk atau di ujung alat khusus pemasang softlens (Alat capit).

6. Pasang Softlens  secara Perlahan

Jika sudah berada pada posisi yang tepat, maka selanjutnya angkat secara perlahan dan arahkan softlens ke bola mata. Tahan mata kamu dengan jari telunjuk saat memasangkan softlens. Nah, gunakan juga jari tengah untuk menahan kelopak mata agar mata tidak tertutup.

Jika mata sudah terbuka lebar, tempelkan softlens secara pelan-pelan ya. Kemudian, lepaskan jarimu jika softlens sudah menempel di bola mata.

Baca juga: Cakep! Ini 5 Masker untuk Merawat Rambut Kering

7. Pemasangan Selesai, Kedip-kedip Dulu Ya Apakah Pas atau Belum

Jika softlens sudah menempel di mata, maka artinya pemasangan softlens sudah selesai. Jangan lupa untuk kedip-kedip agar kamu merasakan apakah softlens terpasang dengan benar.

Jika belum, cobalah untuk memasangkannya kembali. Caranya, ambil softlens dengan sedikit mencubit softlens lalu bersihkan kembali. Dan pasang lagi dengan mengikuti langkah dari nomor 5. Cara itu juga bisa dijadikan sebagai cara melepas softlens. Cukup mudah melepaskannya, jangan risau ya.

Nah, itu dia 7 cara memakai softlens untuk pemula agar tidak perih di mata. Memakai softlens memang perlu kehati-hatian agar ketika dipasang tidak perih di mata. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan softlens. Rutin membersihkan softlens walaupun jarang digunakan. Semoga bermanfaat ya.

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

Mantap! 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

7+ Rekomendasi Kado untuk Bayi Perempuan Murah

Berikut

Tinggalkan komentar