Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas

| |

Jantung tiba-tiba berdebar sangat kencang ini menjadi satu hal yang membuat manusia menjadi panik seketika. Untuk permasalahan tersebut bukan menjadi satu hal yang krusial lagi. Banyak di halaman internet yang memberikan informasi mengenai cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas. 

Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan mengenai cara mengatasi jantung berdebar kencang dan lemas. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai masalah pada organ jantung bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk masalah jantung berdebar dan membuat badan lemas ini masih bisa diselesaikan dengan menggunakan beberapa cara. Kumpulan cara untuk mengatasi jantung berdebar dan badan lemas adalah: 

1. Duduk dan Mengangkat Kaki Lebih Tinggi dari Jantung 

Ketika jantung berdebar sangat kencang, Anda bisa langsung melakukan posisi kaki berada di posisi lebih tinggi daripada dada. Pada posisi yang satu ini bisa membuat Anda sedikit lebih rileks. 

Bahkan, dengan cara tersebut juga bisa membantu dalam melancarkan peredaran darah. Alahasil, organ jantung pun juga bisa mengikuti kembali ke irama seperti sedia kala. 

2. Melakukan Manuver Valsava 

Untuk mengatasi jantung berdebar kencang, cara selanjutnya adalah melakukan manuver valsava. Lakukan penekanan pada kedua hidung dan tutup bagian mulut Anda. 

Lakukan cara yang satu ini untuk mengeluarkan napas secara perlahan-lahan. Selain itu, tindakan atau cara tersebut bisa meningkatkan tekanan darah di saat waktu tersebut. Paling terpentingnya lagi, di saat menggunakan cara tersebut bisa mengembalikan irama jantung. 

3. Minum Air Sesuai Kebutuhan

Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka detak jantung bisa berdebar semakin kencang. Selain itu, untuk permasalahan dehidrasi ini juga bisa menyebabkan ketegangan pada bagian organ jantung. 

Untuk jumlah darah yang beredar melalui tubuh ini bisa tiba-tiba berkurang secara mendadak di saat kekurangan minum air putih. Maka dari itu, supaya jantung bisa berdebar secara normal Anda harus minum air putih yang cukup. 

4. Mengelola Pikiran yang Menimbulkan Stress

Pikiran stress bisa menyebabkan jantung berdebar semakin kencang. Maka dari itu, Anda harus mengelola pikiran dengan sebaik mungkin. Dengan mengelola pikiran secara baik ini bisa membantu dalam meredakan keluhan pada jantung yang berdebar sangat kencang. 

Sensasi dari debaran jantung ini bisa dijadikan sebagai alat untuk memberikan pemberitahuan, bahwa level stress sudah berada di atas nilai rata-rata. Maka dari itu, Anda bisa meluangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menenangkan pikiran. 

Contoh mudahnya adalah dengan melakukan meditasi. Sehingga, dengan melakukan cara tersebut bisa melatih pernapasan secara lebih mendalam atau yang sering disebut dengan deep breathing. 

5. Mempunyai Jam Tidur Secara Cukup

Tanpa disadari kurang tidur juga menjadi salah satu faktor atau penyebab jantung menjadi berdebar. Maka dari itu, supaya jantung tidak berdebar bisa menyesuaikan jam tidur. 

Rata-rata untuk orang dewasa sangat dianjurkan tidur kurang lebih selama 7 – 8 jam pada setiap harinya. Sedangkan, untuk balita harus mempunyai jam tidur sampai dengan 9-10 jam di setiap harinya. Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas. Diharapkan dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu Anda yang mempunyai masalah terhadap organ tubuh jantung.

Yuk Bagikan!
Sebelumnya

7  Perbedaan Tanda Kehamilan dengan Tanda akan Menstruasi

Cara Menyiram Tanaman yang Baik, Intip yuk!

Berikut

Tinggalkan komentar